NEWS UPDATE :  

Berita

Kesimpulan dan Refleksi Filsofis Pendidikan Nasional KHD

Assalamualaikum, salam sejahtera bagi kita semua, perkenalkan nama saya Ary Nurfitriana, saya merupakan guru di salah satu sekolah swasta di DKI Jakarta, Alhamdulillah sampai saat ini saya masih di berikan nikmat untuk tetep mengajar dan mendidik anak- anak yang hebat. Saya menjadi guru kurang lebih 8 tahun. Syukur tak lupa saya panjatkan atas nikmat Allah SWT, saya diberikan amanah untuk belajar kembali bagaimana menjadi sosok guru yang bisa menuntun anak didik,  karena hakikatnya seorang guru adalah seorang yang harus bisa menuntun anak didik nya, saya belajar di salah satu program pemerintah melalui program guru penggerak angkatan 7, kurang lebih sudah 2 minggu saya mempelajari “Filsofis Pendidikan Kihajar Dewantara”.

KESIMPULAN FILSOFIS PENDIDIKAN NASIONAL

Kihajar Dewantara seorang Bapak pendidikan yang memiliki pemikiran untuk kemajuan pendidikan. Menurut KHD Pendidikan bertujuan untuk menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Pendidik itu  hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak.  Pada dasarnya pendidikan dan pengajaran adalah sesuatu hal yang berbeda dan tidak dipisahkan , pengajar adalah bagian dari pendidikan sedangkan pengajaran merupaka proses pendidikan dalam memberi ilmu untuk kecakapan hidup anak baik secara lahir maupun batin.Ki Hajar Dewantara mengibaratkan pendidik seperti seorang tukang kebun ataupun petani yang memiliki tugas hanya merawat tanaman sesuai kebutuhan dari masing – masing tanaman  agar menjadi tanaman yang tumbuh dan berbuah dengan baik tanpa harus menuntut tanaman yang ditanam menjadi tanaman yang berbeda.

Indonesia adalah salah satu Negara yang memiliki sociokulturan dimana norma social dan budaya yang sangat erat dan bisa di jadikan bahan ajar,  bahkan menurut Ki Hajar Dewantara. menjelaskan bahwa dasar pendidikan anak berhubungan dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam berkaitan dengan sifat dan bentuk lingkungan di mana anak berada, sedangkan kodrat zaman berkaitan dengan isi dan irama. Artinya bahwa setiap anak sudah membawa sifat atau karakternya masing-masing, jadi sebagai guru kita tidak bisa menghapus sifat dasar tadi, yang bisa dilakukan adalah menunjukan dan membimbing mereka agar muncul sifat-sifat baiknya sehingga menutupi/mengaburkan sifat-sifat jeleknya.

Dalam pembelajaran saat ini kodrat zaman bisa di realisasikan dengan pembelajaran Abad 21. Pada proses pembelajaran sebaiknya kita melihat keinginan anak untuk bermain,karna kodrat anak selalu ingin “bermain” jadi tidak salah jika anak SMP ataupun SMA masih memiliki jiwa untuk bermain, dan hendaknya guru bisa menyisipkan metode pembelajaran dengan permainan

REFLEKSI

Saya menjadi guru sudah hampir 8 tahun, ternyata cara pengajaran yang saya lakukan selama ini sangat bertolak belakang terhadap pemikiran KHD, cara mengajar saya masih berpatokan terhadap saya sebagai guru, dan anak anak harus mengikuti cara belajar saya, padahal KHD berpendapat anak itu bukan seperti kertas kosong, yang harus diisi oleh saya / pendidik sesuka hati. Sebelum saya mengikuti pelatihan Guru penggerak dan mempelajari pemikiran KHD, saya meyakini bahwa tindakan memberikan hukuman dan tindakan tegas yang saya berikan terhadap siswa yang melanggar aturan yang saya akan memberikan perubahan terhadap siswa yang melanggarnya dan ternyata yang saya lakukan  itu salah,

Saya mulai menerapkan pemikiran Ki Hajar dewantara adalah tidak memberikan hukuman kepada siswa, lebih sabar dalam membimbing dan berusaha menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan melalui berbagai media pembelajaran yang ada.

 

Terima kasih

Salam bahagia

Pencarian
Profil SMP Muhammadiyah 3 Jakarta
Kalender

Februari 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29
PENGUMUMAN KELULUSAN
Kontak
Alamat :

Jl. Kramat Raya no 49 Rt.003 Rw.004

Telepon :

0213101727

Email :

smpmuhammadiyah3jkt@gmail.com

Website :

www.smpmuhammadiyah3jkt.sch.id

Media Sosial :
Selamat Datang
WA